WIKIPEDIA TEKNIK KIMIA
particle size analyzer atau PSA adalah instrumen atau alat laboratorium yang digunakan untuk mengetahui ukuran nanopartikel yang terdapat dalam sampel.
Alat particle size analyzer ini menggunakan teknik Non-Invasive Back Scatter (NIBS), disertai dengan sumber laser dari HeNe 4 mW dengan panjang gelombang maksimum 633 nm. Awalnya sampel yang digunakan dalam bentuk cairan dan serbuk dengan ukuran nm yang di dispersikan ke dalam media cair. Nanti nya, anda akan memperoleh hasil berupa kurva dari ukuran partikel nya.
particle size analyzer digunakan untuk mengukur ukuran partikel pada suatu sampel. Di laboratorium, alat pasrticle size analyzer (PSA) sering digunakan pada jenis sampel padat, emulsi, aerosol dan suspensi. Banyaknya industri, mulai dari makanan dan minuman, hingga obat-obatan, cat, pelapis dan formulasi kimia khusus lainnya, serta komposit, memanfaatkan instrumen PSA ini.Ternyata, alat ini juga banyak digunakan di ruang kontrol kualitas untuk menentukan apakah suatu produk memenuhi standar tertentu. Tergantung pada ukuran partikel yang bersangkutan, ada beberapa teknik yang dapat digunakan, seperti Static Light Scattering (SLS), Dynamic Light Scattering (DLS), Dynamic Image Analysis (DIA), dan saringan. Pilihan metode seringkali tergantung pada jenis partikel yang dianalisis dan ukuran sampel (dalam hal volume sampel). Berikut ini beberapa contoh penggunaan particle size analyzer atau PSA di berbagai bidang :
1). Penggunaan Particle Size Analyzer di Bidang Farmasi
Pengukuran ukuran partikel sangat penting dilakukan untuk memastikan ketersediaan produk hayati, efektifitas, dan umur simpan karena ukuran partikel mempengaruhi luas permukaan dan porositas. Saat mengembangkan obat farmasi yang baru, analisis ukuran partikel adalah salah satu parameter terpenting untuk dinilai. Ukuran partikel terapeutik secara langsung dapat mempengaruhi proses penyerapan, bioavailabilitas, keseragaman, pembubaran, dan kemampuan mengalir. Semua faktor ini mempengaruhi efektivitas produk.
Oleh karena itu, penting untuk dinilai selama pengembangan terapeutik serta kontrol kualitas selama pembuatan. Secara umum, alat particle size analyzer berperan penting untuk mengukur partikel suatu sampel yang padat hingga terdispersi menjadi cair. Beberapa sampel seperti aerosol, suspensi dan emulsi memiliki ukuran partikel yang berbeda beda. Pengukuran partikel menjadi salah satu upaya yang dilakukan untuk mengetahui karakteristik serta kualitas dari suatu sediaan yang di uji.
2). Penggunaan Particle Size Analyzer di Bidang Pertanian
Di dalam bidang pertanian, ada sebuah penelitian yang berhubungan dengan gradasi tanah. Perlu diketahui, gradasi tanah dapat mempengaruhi kemampuan menahan air dan unsur hara serta drainase. Untuk tanah berbasis pasir, ukuran partikel dapat menjadi karakteristik dominan yang mempengaruhi kinerja tanah. Penggunaan particle size analyzer di industri pertanian dangatlah penting karena untuk mendeteksi bahan yang tidak diinginkan. Bagaimana jika tidak dideteksi dengan alat PSA ?? Maka, produk yang telah dibuat akan tercemar oleh bahan tersebut.
3). Penggunaan Particle Size Analyzer di Pertambangan
Pengukuran bahan yang diproses dalam suatu operasi itu sangat penting guys. Jika terdapat material yang sangat besar sata diangkut, akan menyebabkan kerusakan pada alat serta memperlambat produksi nya. Nah, penggunaan particle size analyzer sangat membantu efektifitas alat untuk menghancurkan material.
4). Penggunaan Particle Size Analyzer di Kehutanan
Dalam bidang kehutanan, penelitiannya berhubungan dengan kayu yang diperoleh dari hutan. Nah, partikel kayu yang digunakan untuk membuat berbagai jenis produk mengandalkan alat particle size analyzer supaya mempertahankan standar kualitas yang tinggi. Dengan demikian, perusahaan akan lebih hemat dan menjadi lebih produktif.
5). Penggunaan Particle Size Analyzer di Industri Makanan dan Minuman
Analisis ukuran partikel digunakan untuk kontrol kualitas dan pengembangan produk dari banyak makanan, seperti kopi, coklat, mayones, susu, gula, dan tepung. Penyimpanan dan stabilitas makanan sangat bergantung pada ukuran partikel. Produk makanan bubuk, seperti tepung, dapat mengalami proses penggumpalan, sedangkan bentuk emulsi seperti susu, dapat memiliki masalah stabilitas karena ketidak teraturan ukuran partikel. Sifat organoleptik makanan, seperti yang mempengaruhi tekstur dan rasa di mulut juga sangat bergantung pada ukuran partikel. Lidah manusia dapat mendeteksi partikel kecil dengan diameter hanya beberapa mikron. Oleh karena itu, menyesuaikan ukuran partikel dapat berdampak signifikan pada pengalaman mengonsumsi produk makanan akhir.
Minuman berbasis emulsi juga dipengaruhi oleh ukuran partikel. Rasa dan warna nya dapat dikontrol dengan menyesuaikan faktor ini. Cairan seperti cream liqueur dan emulsi yang memiliki rasa dapat dikarakterisasi berdasarkan ukuran partikel, yang dapat dioptimalkan untuk menentukan umur simpan produk dan kemungkinan produk akan mengembangkan kristal gula, yang dapat memengaruhi kualitas produk.
6). Penggunaan Particle Size Analyzer di Bidang Biologi
Ternyata, alat particle size analyzer digunakan untuk mengukur agregasi suatu protein pada sampel. Apa itu agregasi ?? Agregasi adalah suatu pengujian yang dapat menggabungkan atau mengumpulkan beberapa partikel sampel yang terpisah.
7). Penggunaan Particle Size Analyzer di industri Cat
Sifat massal cat dipengaruhi oleh ukuran partikel. Selain itu, sifat optik dari cat atau pelapis, seperti yang menentukan hasil akhir produk, termasuk opacity, kekuatan pewarnaan, undertone, penampilan gloss/film, dan ketahanan cuaca, juga dipengaruhi oleh ukuran partikel. Hal ini membuat analisis ukuran partikel penting untuk memastikan kualitas produk dalam industri cat dan pelapis. Tanpa menggunakan particle size ini, produsen tidak akan yakin bahwa produk jadi memenuhi persyaratan konsumen dalam hal penyelesaian dan penanganan produk.
8). Penggunaan Particle Size Analyzer Dalam Aerosol
Analisis ukuran partikel sangat penting saat memproduksi aerosol. Contohnya adalah pembuatan inhaler medis. Untuk memastikan keamanan dan efektifitas produk ini, yang didasarkan pada dispersi partikel aerosol, analisis ukuran partikel dilakukan untuk menentukan bahwa produk tersebut aman untuk penggunaan klinis.

#WikipediaTeknikKimia

#HimatekaJaya

#AksiReaksiPrestasi

Kategori: WITA