Nama Kegiatan
Adapun nama kegiatan yang dilaksanakan adalah “MUNEERS FEST 2020 (Muhammadiyah  Engineers Festival 2020)”.

Tema kegiatan
Tema kegiatan yang diselenggarakan adalah “Mengoptimalisasi Peran Pemuda Dalam Menghadapi Industri 4.0 ”.

Tujuan Kegiatan
Tujuan kegiatan dari MUNEERS FEST 2020 adalah :
1. Mewadahi kreativitas, inovasi, dan pengetahuan Mahasiswa dalam menghadapi perkembangan dunia industri.
2. Memberikan apresiasi kepada Mahasiswa terhadap hasil karyanya untuk meningkatkan semangat berkarya dan berkreasi.
3. Memotivasi Mahasiswa untuk berfokus dan siap bersaing di era Industri 4.0.
4. Memperkaya wawasan Mahasiswa Teknik sebagai calon insinyur untuk memahami tentang dunia keinsinyuran teknik.

Bentuk Kegiatan
Bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan adalah :
Pre Event
Debat Siswa SMA Se-Jabodetabek yang diberi nama “Student Debate Competition ” merupakan acara yang dilakukan guna mengasah kemampuan intelektual siswa/i SMA se- Jabobek terkait permasalahan yang saat ini sedang banyak diperbincangkan. Debat siswa ini bertemakan “Peran Gen Z dalam Mengimplementasikan Hidup Go Green”. Pokok bahasan dalam lomba debat siswa kali ini ialah “Go Green”. Perlombaan debat siswa ini akan disaksikan dan dinilai oleh beberapa juri yang paham mengenai isu-isu yang akan diperdebatkan.

Main Event
1. TOPS (Training Of Simulation Process)
merupakan kegiatan pelatihan penggunaan software yang dilakukan untuk menambah keahlian mahasiswa/i Teknik Kimia kedepannya. Target dari kegiatan Training of Simulation Process ini adalah Mahasiswa/i Teknik Kimia. Keahlian tersebut tentu sangat berguna bagi para calon insinyur-insinyur terutama dalam bidang keteknik-kimiaan Kegiatan pelatihan ini akan dibimbing oleh beberapa orang yang memang memiliki pengalaman dalam menggunakan software tersebut.

2. SEMINAR NASIONAL
merupakan kegiatan seminar bertaraf nasional yang ditujukan kepada seluruh Mahasiswa di Indonesia untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan yang diberikan oleh pakar-pakar seminar tersebut. pada seminar kali ini akan membahas seputar “revolusi industri dalam sektor agraris yang belum begitu berkembang”. Seminar kali ini mengusung tema “Meningkatkan Pola Pikir Dari Budaya Agraris Ke Budaya Industri Berlandaskan Revolusi Industri 4.0”. Konsep seminar nasional ini akan membahas seputar revolusi industri dalam sektor agraris yang belum begitu berkembang. Hal tersebut dikarenakan beberapa faktor seperti Sumber Daya Manusia (SDM), kondisi lahan pertanian di Indonesia serta teknologi yang belum sepenuhnya diterima oleh masyarakat awam. Oleh karena itu kita harus dapat meningkatkan pola pikir untuk beralih ke budaya industri tentunya dengan berlandaskan revolusi industri 4.0. Dengan adanya seminar nasional ini, para pemuda dituntut untuk dapat bijak dalam mengolah segala bentuk sumber daya alam yang telah dimiliki oleh negara hingga saat ini.

3. CHEETAH (Chemical Engineering to Atmosphere)
kegiatan tersebut merupakan lomba Essai Nasional yang ditujukan kepada mahasiswa Indonesia dalam menganalisa maupun memberikan ide terkait permasalahan yang dihadapi di Indonesia pada bidang sains. Pada tahun ini, Lomba Essai Nasional CHEETAH akan bertemakan “Aplikasi Ilmu Sains dalam mengolah Sumber Daya Alam Indonesia”, dengan sub-tema mengenai Lingkungan, Energi, Pangan dan Kesehatan. Tujuan dikelompokan menjadi beberapa subtema adalah agar pembahasan menjadi lebih terperinci. Seperti yang kita ketahui, bahwa begitu besar Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di Indonesia tetapi masih belum dapat dimanfaatkan sepenuhnya oleh masyarakat Indonesia itu sendiri, maka dengan adanya kompetisi essai mengenai pengolahan Sumber Daya Alam (SDA) ini para pemuda diharapkan mampu berpartisipasi dalam proses tersebut.

4. ENGINEERS NITE
merupakan acara puncak dari beberapa rangkaian acara sebelumnya, dimana Engineers Nite ini adalah kegiatan berupa talkshow dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten pada bidangnya. Adapun tema Engineers Nite kali ini adalah “How to be an entrepreneur as an engineer”. Dengan hadirnya narasumber yang ahli di bidang revolusi Industri 4.0 serta dipandu oleh moderator yang mumpuni, para peserta diharapkan menjadi lebih semangat untuk berkontribusi dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0. Karena perlu disadari bahwa seorang engineer memiliki beberapa kelebihan yang dapat dijadikan motivasi untuk menjadi seorang entrepreneur.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *