Menu

Kuliah Umum Riset dan Migas

HIMATEKA.news. Jakarta (03/04), Jurusan Teknik Kimia dan Himpunanan Mahasiswa Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta, mempersembahkan Kuliah Umum dengan topik “Karir dan Riset di Industri Migas”. Topik ini diusung oleh jurusan teknik kimia guna meningkatkan pemahaman mahasiswa teknik khususnya teknik kimia dalam jenjang karir setelah lulus Strata 1 (S1). Pembahasan mengenai harga minyak dunia yang jatuh pada bulan januari 2016 menjadikannya rekor terendah untuk pertama kalinya dalam 12 tahun terakhir.

Topik dikupas tuntas dan tentunya menarik oleh Bapak Ardian Nengkoda, PhD. Beliau merupakan Insinyur Perminyakan Indonesia dan Asia pertama yang mendapatkan penghargaan SPC Project, Contruction and Facilities {middle East, 2015), Serta penghargaan GPA Gas Conference ( texas, 2014). Saat ini beliau menjabat sebagai ketua IATMI Timur Tengah dan telah bekerja lebih dari 10 tahun di Timur Tengah.

Dosen dan mahasiswa terlihat memadati Auditorium Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta. Selain itu pertanyaan dan jawaban juga begitu banyak dilontarkan oleh dosen dan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta. Bukti antusias dosen dan mahasiswa dikutip pula dari kesan Pemateri yaitu Bapak Ardian Nengkoda, PhD. disela-sela makan siang.“saya cukup senang karena ada 2 hal, pertama mahasiswa cukup interaktif, mampu dan percaya diri untuk memberikan pendapat, dan yang kedua yang sangat saya suka adalah mereka cukup menikmati setidaknya beberapa poin yang saya sampaikan, itu adalah hal yang menurut saya sangat luar biasa dari mahasiswa teknik kimia umj.”

Selain itu beliau juga mengatakan.“Dengan latar belakang Teknik Kimia dengan juga mempertimbangkan era digitalisasi saat ini kita wajib memiliki keahlian satu atau dua tentang software-software yang biasa digunakan untuk mendisain pabrik atau mendisain pipa dan lain sebagainya. Salah satunya adalah hysys, yang merupakan tools atau software yang harus dipelajari jauh lebih baik ketika kita jadi mahasiswa sehingga ketika kita bekerja kita sudah paham bagaimana mendisain pabrik dengan baik.”

Semoga acara ini dapat membuka wawasan mahasiswa teknik,  khususnya teknik kimia dalam bidang migas, dan terimakasih untuk bapak Ardian Nengkoda, PhD. Selaku pembicara, dosen dan seluruh mahasiswa yang turut berpartisipasi pada kuliah umum ini. Ungkap Ibu Nurul Hidayati Fithriyah S.T, M.Sc, PhD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *